Curug Marela, Niagara Kecil di Belantara Bandung Barat

Deden August 4, 2012 Comments Off
Curug Marela, Niagara Kecil di Belantara Bandung Barat

Niagara yang tersembunyi, begitulah orang-orang biasanya menggambarkan keindahan curug marela, sebuah curug atau air terjun di ujung Bandung Barat.

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan, perjalanan dimulai dari tol padalarang  kemudian ambil arah kiri ke arah Cimareme dan ketemu pertigaan arah Cililin – Gunung Halu. Langsung saja ambil arah belok kanan ke arah Cililin – Gunung Halu. Ternyata jalan sepanjang 5 kilometer setelah masuk ke arah  Cililin dari pertigaan Cimareme, banyak sekali pabrik di kanan kiri jalan sehingga membuat laju kendaraan tersendat.

Selain diawali kemacetan, jalan menuju lokasi curug pun belum sepenuhnya nyaman, jalan terjal berbatu harus dilalui oleh Anda yang ingin mencari kesegaran alam. Perjalanan selanjutnya adalah dengan jalan kaki sepanjang 2 kilometer sebelum benar-benar mencapai Curug Malela. Setelah jalan kaki sejauh 400 meter menuruni bukit, Curug Malela sudah terlihat dari kejauhan.

Namun perjuangan Anda tidak akan sia-sia, karena curug yang memiliki tinggi sekitar 70 meter, dengan lebar air terjun 100 meter lebih, betul-betul layaknya Niagara kecil.

Suasana sekitar juga masih sangat alami, karena pengunjung relatif jarang. Hal ini dikarenakan untuk menempuh Curug Malela juga tidak mudah. Batu-batu besar yang berada di bawah Curug sangat menakjubkan, namun sedikit mengganggu kita yang ingin berekspresi di seputaran air terjun, karena licin dan sebagian juga dalam. Jadi relatif kurang bagus untuk mandi, namun disinilah justru keunikan Curug Malela, karena keasliannya tersebut.

Comments Closed