Wisata Budaya di Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Author Nicky March 31, 2012 Comments Off
Wisata Budaya di Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Wisata Budaya di Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Objek Wisata, Museum Wangsit Mandala Siliwangi dibangun sekitar tahun 1910, dimana fungsinya yang semula ialah Militaire Akademie Bandung. Museum bersejarah ini memiliki luas areal mencapai 4.762 meter persegi dengan luas bangunannya 1.674 meter persegi. Bangunannya sendiri menempati sebuah gedung yang pernah digunakan Markas Divisi Siliwangi yang pertama di Kota Kembang Bandung.

Sebagai markas militer, pada Januari 1950 gedung ini menjadi sasaran Angkatan Perang Ratu Adil dibawah pimpinan Kapten Raymond Westerling. Dalam peristiwa tersebut, telah gugur sebanyak 79 prajurit TNI Siliwangi, termasuk didalamnya Mayor Adolf Lembong. Mengingat pentingnya pelestarian dan pewarisan nilai-nilai kejuangan 1945 kepada generasi muda agar kesadaran serta penghayatan terhadap sejarah perjuangan bangsanya tetap utuh, maka Kodam III/Siliwangi memandang perlu untuk mendirikan Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

museum-siliwangi3

Menyoal Nama

Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Padjajaran yang kekuasaannya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya.

Benda-benda yang mengisi museum ini yakni benda-benda yang digunakan oleh pasukan Kodan Siliwangi, dari senjata primitif seperti tombak, panah, keris kujang, dan bom molotov, sampai dengan senjata modern seperti panser rel (buatan Indonesia), meriam, dan kendaraan lapis baja. Benda-benda yang berhasil dikumpulkan diantaranya berupa senjata tradisional berupa kujang, keris, pedang, golok, tombak, panah, pedang bambu, dan samurai; senjata api dari berbagai jenis dan kategori; serta berbagai kendaraan militer yang pernah digunakan.

Museum dibuka untuk umum pada hari Senin Kamis, Pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB, Jum’at pukul 08.00 s.d. 10.00 Wib, dan Sabtu pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.

Lokasi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi berada di Jalan Lembong No 38 Bandung, Jawa Barat –Indonesia.

Comments Closed